Terekam CCTV saat Beraksi, Maling Cengkeh Berhasil Diamankan Polisi

Kolaka Utara – Tim Elang Anti Bandit 007 Polres Kolaka bersama personel Polsek Lasusua berhasil mengamankan seorang pria pelaku pencurian 80 kg cengkeh di Desa Simbula, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Utara, Sabtu (29/10/2022).

Kasat Reskrim Polres Kolaka, AKP Lewangga Yudha Prawira Tandungan, melalui Aipda Rudi Suhendra, menjelaskan bahwa penangkapan pelaku berinisial H alias A (21) berdasarkan laporan dari Arisandi pada Senin (17/10) lalu di Polsek Lambandia.

“Terduga pelaku berinisial H alias A beralamat di Desa Atulano Kecamatan Lambandia Kabupaten Kolaka Timur diduga kuat telah melakukan pencurian cengkeh sebanyak kurang lebih 80 Kg,” ucap Aipda Rudi Suhendra.

Aipda Rudi Suhendra menjelaskan bahwa kejadian tersebut berawal pada hari Minggu (16/10) pukul 06.30 Wita. Dimana tetangga korban bernama Suardi mendatangi rumah korban untuk menyampaikan bahwa ia menduga ada yang telah masuk di gudang milik korban tanpa izin.

“Karena terdapat bekas kaki meloncat dari pagar gudang. Setelah melakukan pengecekan, kondisi mobil sudah bergeser dan pintu gudang sudah dalam keadaan terbuka,” jelasnya.

Dari hasil rekaman CCTV, mereka mendapati ada pencurian hasil bumi satu karung setengah cengkeh yang terjadi pada malam tersebut.

“Akibat kejadian tersebut, pelapor mengalami kerugian material sekitar Rp15 juta. Kemudian pihak korban melaporkan hal tersebut ke pihak kepolisian untuk diproses lebih lanjut,” ujarnya.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya terduga pelaku telah diamankan di Polres Kolaka dan akan dijerat Pasal 363 Ayat (1) satu Ke 3e Subs Pasal 362 KUH Pidana.