Bantu Anak Yatim dan Dhuafa, Wahdah Islamiyah Kolaka Gelar Khitanan Massal Modern

Kolaka – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Wahdah Islamiyah Kolaka menyelenggarakan kegiatan Khitanan Massal Modern dengan tema ‘Senyum Bahagia Mereka, Bukti Kepedulian Kita Terhadap Sesama’ di Jalan Ahmad Mustin, Kelurahan Laloeha, Kecamatan Kolaka, Minggu (30/10/2022).

Kegiatan yang digelar di Gedung SD Islam Terpadu Wihdatul Ummah Kolaka ini merupakan kerja sama antara Departemen Sosial Kesehatan, dan Lingkungan Hidup (Depsoskesling) DPD WI Kolaka dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Rumah Sehat Kolaka, dan Rumah Sunat Kolaka.

Tidak kurang dari 100 orang anak terdaftar ikut serta dalam kegiatan tersebut, yang terdiri dari Yatim dan Dhuafa. Bahkan turut pula anak-anak non muslim.Ketua Depsoskesling DPD WI Kolaka, Ust. Azwar Jaelani, mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan para yatim dan dhuafa secara khusus untuk melakukan khitanan secara modern.

“Pada dasarnya kegiatan seperti ini memakan biaya yang cukup mahal, kisaran Rp. 800.000 untuk satu orang anak, bahkan bisa mencapai Rp. 1.000.000,” tuturnya.

Menurutnya, metode sunat modern ini memang sangat bagus, karena peserta khitan tidak terlalu merasakan nyeri ketika proses dilakukan, dan proses penyembuhannya pun tidak memakan waktu yang cukup lama.

Dalam sesi sambutan, Ketua DPD WI Kolaka, Ust. Muh. Abdul Basit, S.Pd menjelaskan kepada para orang tua peserta khitanan massal seputar Profil Wahdah Islamiyah dan bagaimana perannya dalam menjawab permasalan sosial, termasuk meringankan beban ummat.

Di akhir sambutannya, beliau tak lupa memberikan apresiasi kepada tim medis yang telah meluangkan waktunya untuk kegiatan ini.

“Kami sangat mengapresiasi kepada tim medis yang sudah terlibat dalam kegiatan ini, kegiatan ini dibuat untuk memudahkan anak-anak kita, khususnya dhuafa dan yatim,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu pula, turut hadir Lurah Kel. Laloeha, Achmad Priyani, S.TP., MM, memberikan sambutan dan apresiasi terhadap kegiatan Wahdah Islamiyah Kolaka.

“Besar harapan kami agar kegiatan ini bisa terus dilaksanakan karena bisa dirasakan manfaatnya yang begitu besar,” harapnya.

Beliau juga berharap ke depannya bisa berkolaborasi dengan Wahdah Islamiyah Kolaka dalam melakukan kegiatan-kegiatan sosial.

“Apabila kedepannya wahdah islamiyah kolaka ingin berkolaborasi dalam membuat kegiatan, kami sangat terbuka dan siap membantu,” jelasnya.

Bapak Amran yang merupakan orang tua dari salah satu peserta khitanan massal turut menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini.

“Semoga ke depannya makin banyak kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial yang dilakukan oleh Wahdah Islamiyah, kami berterimakasih kepada semua yang telah berpartisipasi. Dan semoga ke depannya bisa besinergi dengan pemerintah,” pungkasnya.

Penulis : M Raflee R / MAIM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *